PasarBeta

Unit Usaha dari Koperasi KOBETA (Koperasi Benih Kita Indonesia)

Tujuan PasarBeta:

  1. Membangun jalur distribusi pemasaran via warung rakyat, kios, tenda, dan berbagai kelompok konsumen dari rakyat ekonomi bawah
  2. Diutamakan untuk memasarkan terutama produk-produk dari produsen mikro dan kecil yang sehat berkualitas baik dan terjangkau bagi rakyat ekonomi bawah; termasuk produk petani, nelayan, peternak, nelayan, dll
  3. Menjadi jembatan untuk kolaborasi usaha dari elemen-elemen usaha rakyat, seperti misalnya: kolaborasi antar koperasi produsen, koperasi pedagang dan koperasi konsumen; konsolidasi usaha mikro agar berskala ekonomi dan bisa dipasarkan luas; kolaborasi dengan Bumdes, BUMN, dsb.

Pasarbeta membangun jaringan pasar dengan 2 cara:

  1. Kobeta bekerjasama dengan koperasi dan/atau kelompok ekonomi rakyat yang telah ada di tengah komunitas kampung/desa untuk menjadi AGEN bagi warung/kios di sekitar wilayah mereka dari produk-produk yang disuplai oleh Kobeta.
  2. Kobeta memiliki Tim Pengembang Jaringan sendiri yang mendata warung/kios rakyat di kampung/desa untuk kemudian bekerjasama dengan Kobeta menjual produk-produk yang disuplai oleh Kobeta.
  3. Kobeta menyuplai barang dagangan dan memberikan tenggang waktu pembayaran 10 hari bagi warung/kios rakyat.

(PASARBETA – Rencana Usaha – Presentasi KUPON – 080920)