Sejarah KOBETA

Koperasi KOBETA berawal dari pertemuan dua jaringan yaitu Forum Benih Lokal Berdaulat (BLB) dan Forum Desa Mandiri Tanpa Korupsi (DMTK) sehingga pemikiran dan gagasan berkembang, dari yang sebelumnya  terfokus pada upaya penyelamatan keanekaragaman hayati terutama benih-benih lokal untuk tanaman pangan, berkembang menjadi upaya membangun kelembagaan ekonomi, sebuah entitas usaha bersama, sebuah koperasi, yang ingin mewujudkan kedaulatan para produsen mikro kecil untuk pangan dan agrikultur, dan mewujudkan kedaulatan pangan, bagi  bangsa Indonesia.

Kobeta merupakan koperasi primer berskala nasional. Pengurusnya, Pengawas dan Pembinanya, dan juga anggotanya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Keanggotaannya bersifat terbuka, pada prinsipnya semua Warga Negara Indonesia dimanapun berada boleh menjadi anggota., asalkan memiliki kesamaan visi dan misi, dan secara sukarela mendukung koperasi untuk berkembang secara sehat.

Visi Koperasi KOBETA adalah mewujudkan tatanan ekonomi yang inklusif  dan berkeadilan bagi rakyat  Indonesia dan dunia, yang diwujudkan melalui perjuangan untuk misi:

  1. Terwujudnya kedaulatan pangan dan kemandirian petani;
  2. Terwujudnya pangan dan produk sehat untuk semua orang;
  3. Terwujudnya konservasi benih warisan dan kelestarian alam;
  4. Terwujudnya Kobeta sebagai koperasi yang sehat dan terpercaya.

 

Sebagai koperasi, KOBETA adalah “perusahaan bersama milik anggota” yang berfungsi untuk mengembangkan unit-unit usaha agar dapat memberi manfaat ekonomi bagi anggotanya (shareholders atau “pemilik saham”) dan bagi semua stakeholder-nya.  Profit atau keuntungan usaha bukan tujuan dari Kobeta sebagai sebuah koperasi,  tetapi merupakan “tujuan antara” yang sangat penting bagi Koperasi untuk mewujudkan visi dan misinya.

Unit usaha yang dikembangkan oleh KOBETA adalah unit-unit usaha yang dipandang sesuai dengan visi dan misi KOBETA untuk dilaksanakan secara profesional, dan diorientasikan untuk dapat menjadi unit usaha yang sehat, menjunjung tinggi prinsip usaha yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan.

Setiap Warga Kobeta (atau anggota koperasi KOBETA) adalah PEMILIK BERSAMA Kobeta, yang berarti harus dengan kesadaran penuh mendukung pengembangan koperasi dan unit-unit usahanya, menanggung resiko dan menikmati keuntungan bersama.