Loading...

Sejarah KOBETA

SEJARAH KOBETA

Koperasi Benih Kita Indonesia (KOBETA) diinisiasi oleh Forum Benih Lokal Berdaulat (Forum BLB) yang di dalamnya tergabung para penggiat dan pemerhati benih lokal (heirloom seed) Indonesia dan yang memperjuangkan kedaulatan petani Indonesia atas benih. KOBETA merupakan bagian dari langkah perjuangan gerakan Forum BLB dalam mewujudkan visi dan misinya. Saat ini KOBETA sudah menjadi koperasi resmi berbadan hukum.

Forum Benih Lokal Berdaulat (BLB) adalah forum terbuka sebagai wadah pengumpulan dan pertukaran benih asli lokal (heirloom seed), dan sarana berkomunikasi dan berjejaringnya para penggiat, penggerak dan pemerhati benih asli lokal di seluruh Indonesia. Forum BLB bergerak dibidang pelestarian dan pengembangan benih lokal asli Indonesia oleh petani-petani militan dengan segenap militansinya berjuang mempertahankan benih lokal asli nusantara, dengan keragaman karakternya, termasuk yang dianggap “tidak produktif” seperti padi yang baru panen setelah 7 bulan atau yang lainnya, karena diyakini bahwa setiap benih lokal asli memiliki kelebihan dan keistimewaan genetis yang dapat dikembangkan sebagai benih-benih inbrida. Forum BLB oleh karenanya juga mendukung pengembangan benih yang dilaksanakan oleh petani sendiri dan yang dapat dimanfaatkan oleh petani secara mandiri dan berkelanjutan.

Forum BLB tidak mendukung penguasaan pengembangan benih oleh korporasi yang menjadikan petani hanya sebagai pasar. Juga tidak mendukung pengembangan benih Hibrida dan Genetically Modified Organism (GMO), yang bukan hanya meragukan dampaknya bagi lingkungan hidup dan kesehatan, tetapi juga membuat petani bergantung dan makin tidak mandiri.